Senin, 15 Oktober 2012

KEWIRAUSAHAAN

print this page cetak 


Tugas matakuliah kewirausahaan
rancangan bisnis mandiri

TOKO dan  KONSULTAN PERTANIAN
“BINTANG AGRICULTUR”

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah
KEWIRAUSAHAAN
yang dibina oleh Ibu Ir. Maria Ulfah MP.

oleh
Siti Ana Maidatul Jannah
2100310008













JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTS PERTANIAN
UNIVERSITS ISLAM MALANG
JUNI 2012



 TUGAS RANCANGAN BISNIS MANDIRI

Ringkasan Eksekutif 
«  Konsep bisnis
Sebagai sarjana muda pertanian yang mempunyai beberapa keahlian dibidang budidaya pertanian, saya ingin sekali menciptakan lapangan pekerjaan. Ya,, lapangan pekerjaan. Bukan mencari lapangan pekerjaan. Berangkat dari sinilah, saya mendapat ide untuk mendirikan toko yang berkaitan dengan hal dan bersinggungan langsung dengan pertanian, semisal pestida, mulsa, alat-alat pertania dan juga material bangunan, karena yang berkaitan dengan pertanian biasanya didampingi juga material bangunan. Dengan meniru dari toko yang sudah ada, namun memberikan sesuatu yang berbeda dan lebih menarik di toko saya, yaitu toko pertanian sekaligus menjadi konsultan pertanian.
Lokasi dari pembangunan toko dan konsultan pertanian, berada di sekitar pemukiman masyarakat yang bersebelahan langsung dengan area persawahan. Dengan kondisi jalan dan lingkungan yang strategis. Yaitu di daerah tempat tinggal saya langsung sehingga memudahkan untuk pemantauan, dan sedikit irit di ongkos. Area persawahan dan pemukiman masyarakat yang menjadi obyek saya sudah tersedia disekitar tempat toko saya. Para petani bisa kapan saja konsultasi menganai masalah yang terjadi dengan tanaman  budidayanya, petani atau masyarakat bisa belanja kapan saja untuk keperluan sawah atau pun sekedar tukar  informasi denga petani. Dengan sedikit memberikan barang untuk konsumen barupa barang – barang pendamping keprluan pertanian seperti ember, tali rafia dan lain-lain yang mana barang termasuk dalam barang- barang bangunan.
«  Misi
Kami bergerak dalam bisnis pertanian, serta jasa konsultan yang bermutu dengan harga kompetitif dan informatif dengan tetap memperhatikan kualitas, guna kelangsungan proses jual beli.

«  Produk/jasa
Produk yang tersedia adalah semua yang berkaitan langsung dengan pertanian, seperti obat-obatan, pupuk, pestisida, alat-alat pertanian, mulsa, benih dan bibit berbagai tanaman budidaya, sekaligus sebagai konsultan pertanian. Dan juga penyedia berbagai keperluan bangunan, seperti ember, tali tampar/rafia, paku dll. Karena peralatan bengunan sebagai pendamping bahan pertanian sehingga yang tersedia pun tidak sebanyak untuk bidang pertanian.
«  Persaingan
Bisnis yang saya dirikan berada di sekitar pemukiman mayarakat langsung dengan area persawahan yang bersebelah dengan pemukiman masyarakat. Ada juga toko yang sama berdiri disekitar tempat saya, namun dengan jarak yang hampir 8 km, apalagi dengan tambahan sebagai  konsultan pertanian menjadikan bisnis yang saya jalankan menjadi semakin dilirik para konsumen.
«  Target dan ukuran pasar
Target pasar yang  ingin dicapai adalah menjadikan bisnis ini berkembang dengan pesat dan mampu  memenuhi permintaan konsumen. Serta tetap menjaga kepercayaan para konsumen yang datang sehingga para konsumen merasa dihargai.

«  Strategi pemasaran
Pemasaran untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas melalui brosur yang disebarkan kepada masyarakat luas. Masyarakat sekitar yang belanja dan konsultasi di toko kami dengan mendapatkan pelayanan yang baik, maksimal dan tentunya sebuah informasi yang bermanfaat membuat mereka datang lagi dan tentunya hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk bisnis yang saya bangun.


«  Struktur organisasi.
Dalam sebuah organisasi agar semua kegiatan berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan, perlu adanya suatu struktur organisasi dan pembagian kerja  (job description)  yang jelas. Struktur organisasi yang baik harus menggambarkan dengan jelas wewenang dan tanggung jawab serta fungsi-fungsi dari setiap bagian yang ada dalam perusahaan, yang mana dalam hal ini merupakan salah satu syarat terciptanya suatu pengendalian internal yang memadai.
Job description dari “ Toko dan Konsultan Pertanian “
a)      Posisi kunci di pegang sendiri oleh pemilik toko : Ibu Ir.H. Siti Ana Maidatul Jannah, SP. MP
b)      Karyawan, terbagi dalam:
a.       karyawan pelayan toko     : Heru hariadi.
b.      Administrasi                      : Budi prasetya
c.       Karyawan bagian gudang : Adi susilo.
*      Diskripsi Tugas
Untuk melengkapi struktur organisasi suatu perusahaan, diperlukan uraian tugas yang akan menjelaskan tentang wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing fungsi dalam perusahaan kami. Uraian tugas pada  Toko Pertanian dan Material Bangunan  serta Konsultan Pertanian” adalah sebagai berikut :
1)      Pemilik toko atau atasan uraian tugasnya adalah sebagai berikut :
a)      Memimpin kegiatan usaha secara keseluruhan.
b)      Konsultan pertanian di toko sendiri.
c)      Memanage seluruh karyawan.
d)     Menerima laporan penjualan dan pembelian.
e)      Mengantur keuangan toko.
f)       Pengatur gaji karyawan.

2.)   karyawan, terbagi atas pelayan toko tugasnya adalah sbb:
1)      Melayani pelanggan.
2)      Mengelola transaksi penjualan dan pembelian.
3)      melayani kebutuhan pelanggan dan merapihkan barang

3.      Admistrasi tugasnya sbb:
a.       Membantu atasan dalam membuat laporan keuangan.
b.      Melaksanakan tugas dari atasan sesuai bagian atau perintah dari pemilik toko / atasan.

4.      Karyawan bagian gudang, tugasnya sbb:
a.       Melaksanakan tugas dari atasan sesuai bagian  atau perintah dari pemilik toko / atasan.
b.      Memeriksa ketersediaan barang dalam gudang.
c.       Memesan kepada penyuplai barang apabila terjadi keadaan minim barang, sehingga ketersediaan barang akan tetap terjaga.

«  Proyeksi keuangan
1. Jumlah modal yang diperlukan : kurang lebih Rp. 80.000.000
2.Perincian biaya:
·         Belanja untuk persediaan barang bidang pertanian termasuk berbagai obat-obatan, pupuk kimia, pupuk organic, mulsa, benih tanaman holtikultura, palawija, dan biji-bijian selama satu bulan: Rp. 40.000.000
·         Belanja untuk persediaan Bahan material banguan termasuk  timba, tali rafia selama 1 bulan pertama = Rp. 11.000.000
·         Gaji karyawan pelayan toko
3 x Rp. 750.000                                     = Rp. 2.250.000
Gaji karyawan bagian administrasi
1 x Rp. 800.000                                     = Rp. 800.000
Gaji karyawan bagian gudang
3 x Rp. 7500.000                                   = Rp. 2.250.000
·         Transportasi                                            = Rp.  50.000
·         Listrik                                                     = Rp. 100.000
·         Total biaya                                           = Rp56.450.000
·         Perkiraan penghasilan perbulan:
§  Pupuk kimia  40 x Rp 35000/bungkus            Rp. 1400.000
§  Pupuk organic 70 x Rp. 4000/kg                   Rp. 280.000
§  Mulsa 25 x Rp. 125.000/gulung                      Rp. 3.125.000
§  Bibit padi 80 x Rp. 30.000/bungkus              Rp. 2400.000
§  Berbagai macam pestisida 80xRp.27000        Rp. 2160.000
§  Tangki semprot 3 x 150.000                           Rp. 450.000
§  Slang 55 x Rp.15000/m                                  Rp. 825.000
§  Timba 5 x Rp. 7500                                        Rp. 375.000
§  Paku 10 x Rp. 20.000/kg                                Rp.200.000+
§  Total                                                               Rp. 11.215.000
v  Jadi omset perbulan: Rp. 11.215.000 x 30 = Rp. 336.450.000
v  Laba perbulan :Rp. 336.450.000 – Rp. 56.450.000
Rp. 280.000.000
§  Return of Investment (modal awal : laba per bulan)= 73 bulan < 6 tahun
Dengan demikian kita dapat mengetahui berapa lama keuntungan kita per bulan dan kembalinya modal kita.
Toko dan konsultan pertanian yang saya dirikan ini  mempunyai tujuan yang positif yaitu membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan, alat dan semua keperluan pertanian  secara mudah dan murah untuk menciptakan pembangunan pertanian yang  lebih maju. Usaha ini mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.








PENUTUP
«  Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa membuat atau mendirikan  usaha toko dan konsultan pertanian  tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya semangat, keyakinan dan kekuatan mental yang kuat dari seorang wirausaha “Toko dan Konsultan Pertanian“.
Kejujuran seorang wirausaha dan Keahlian khusus manajemen serta bagaimana  dapat  mengolah data  dengan  mudah,  cepat,  dan  akurat  dan  membuat  suatu  sistem  informasi  secara komputerisasi  untuk  menampilkan  informasi  yang  berkualitas guna keperluan dan kelancaran administrasi usaha toko material bangunan. Kepuasan pelanggan serta ketelitian kita menjadi seorang konsultan harus di imbangi dengan bekal ilmu di bidang pertania yang memang harus kuat dan mumpuni, sehingga ketika ada konsumen atau pelanggan ang datang untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang muncul dalam tanamannya kita bisa memberi solisi yang tepat dan benar. Kepercayaan pelanggan snagt penting guna menempatkan nama toko kita dalam hati masyarakat dan konsumen tidaklah mudah.
«  Saran
Kesempurnaan  dari  suatu  sistem  selalu  bersifat  relative berdasarkan  pada  cara pandang  dan  konsep  dari  setiap  pemikiran  yang  berbeda  serta  memiliki  alur  yang  bervariasi.  Karena  sistem  ini  dibangun  berdasarkan  alur  pemikiran  penulis,  maka  untuk hasil  yang  lebih  baik  dan  maksimal  diperlukan  saran  dari  pihak  manapun  untuk melengkapi kekurangan yang ada.
Beberapa saran dari penulis untuk perusahaan:
1.      Penulis  menyarankan  agar  administrator  ataupun  pihak  manajemen membuat  back  up  secara  soft  copy  dan  hard  copy  (laporan)  yang diperlukan sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan.
2.      Penulis menyarankan agar administrator ataupun pihak manajemen lebih teliti  dalam  penginputan  data  dikarenakan oleh  kelemahan  sistem  yang belum mampu menangani proses filterisasi secara maksimal.
3.      Menjadi konsultan pertanian memang menyenangkan. Kita bisa belajar berkomunikasi dengan tanaman. Akan tetapi ketelitian dan kejelian yang sangat ekstra kita pertaruhakan disini. Belajar perilaku makhluk yang tidak bisa berbicara.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com