Senin, 29 Oktober 2012

Tips mencintai pelajaran

       Sebenarnya dalam kamus seorang pelajar, tidak ada pelajaran yang tidak disukai, asalkan selalu berusaha memahami pelajaran tersebut, karena intinya belajar itu sifatnya menyeluruh, ia berasal dari keingintahuan diri. Banyak faktor kenapa mata pelajaran tertentu disukai dan kenapa pelajaran lain tidak disukai, banyak pelajar yang mahir dalam matematika namun jeblok nilainya di bidang Seni Budaya atau bahasa.

Diantara faktor yang menyebabkan suka atau tidak suka pelajaran tertentu antara lain:

1. Bawaan individu secara mental . Pengaruh dominasi otak kiri dan kanan berpengaruh sebenarnya pada gaya berfikir dan belajar pelajar. Siswa yang lebih dominan menggunakan otak kirinya kecenderungan menyukai ilmu hitung dan analogi akan sangat tinggi, tetapi ia agak lemah pada ilmu bahasa dan seni sebagaimana pelajar yang cenderung dominan menggunakan otak kanannya. Namun, teori ppsikologi ini masih bisa dikembangkan, kaena saat ini kemampuan otak bisa dilatih koq. Orang yang terbiasa dominan menggunakan otak kiri dapat melatih menggunakan otak kanan dengan belajar seni dan sebaliknya. Faktor keturunan (genetis) juga termasuk berperan penting lho seseorang lebih dominan pada mata pelajaran tertentu atau tidak, meskipun faktor ini cukup berperan, namun tak ada salahnya mencoba kemampuan diri dengan menemukan hal-hal baru di sekitar kita. Faktor bawaan juga dipengaruhi oleh image atau pemahaman akan konsep diri yang salah, misalnya mengklaim (tanpa mikir) Fisika adalah pelajaran tersulit di dunia atau, semua guru Bahasa Inggris membosankan. Wah, ini sangat berbahaya jika diteruskan.

2.Bawaan lingkungan. Lingkungan berpengaruh besar terhadap cara berfikir dan belajar seseorang. Seseorang yang terbiasa dengan budaya belajar, suka mengeksplorasi banyak hal mengenai pengetahuan dan menghargai ilmu pengetahuan tentu saja akan menyukai belajar, dan sebaliknya mereka yang berasal dari lingkungan yang terbiasa ‘mengabaikan’ belajar dan menuntut ilmu tentu saja memiliki motivasi yang kurang dalam menyukai belajar. Faktor lingkungan yang berpengaruh juga seperti guru yang kurang menyenangkan atau biasa dikenal killer (misalnya kurang ramah, kaku, egois, kurang memperhatikan siswa, dan sebagainya), suasana belajar di kelas yang tidak kondusif, tidak memiliki pengetahuan dasar, Tentu saja, segala faktor negatif yang terkait dengan faktor bawaan dan lingkungan harus diimbangi dan diatasi segera, agar segala potensi kita yang sebenarnya melimpah ruah ini tersalurkan dengan tepat.

3.Memulai segala sesuatu dengan niat

“Segala amal tergantung niat” kata-kata dari Nabi Muhammad saw tersebut sebenarnya mengajak agar kita harus mengawali sesuatu dengan niat yang baik, niat bisa diartikan tujuan.. Karena apa saja yang dimulai dengan niat yang baik pasti hasilnya akan baik seperti yang diharapkan di bandingkan dengan memulainya tanpa niat atau dengan tergesa-gesa. Belajar bukanlah persoalan menjadi terkenal karena dianggap ‘jago’ atau untuk mengharapkan nilai yang tinggi. Hendaknya seorang pelajar meyakini secara sadar bahwa belajar itu terjadi secara sadar, dan ia muncul dari dalam diri sendiri, bukan karena orang lain.

4. Berusaha untuk mencintai guru

Cara efektif dan tepat agar bisa mencintai suatu pelajaran paling utama setelah niat yang luurs adalah dengan menyukai guru mata pelajaran yang bersangkutan. Karena apabila kita telah menyukai guru tersebut maka secara tidak langsung pelajaran yang di ajarkan guru tersebut juga akan di sukai.

Tapi bagaimana jika sulit sekali menyukainya? Tentu saja jalan keluarnya dengan menghilangkan prasangka buruk kepada guru tersebut. Berusaha menemukan hal-hal yang menyenangkan atau sisi positif dari guru tersebut, berusaha mendengarkan guru saat sedang berbicara, menghindari sikap merendahkan guru apabila tidak bisa menerangkan pelajaran seperti yang di inginkan serta berusaha mendekatinya dan menemukan waktu yang tepat untuk memahami dirinya dan pelajaran yang diajarkannya.

Bila belum juga manjur juga, kembalilah pada hatimu, dengan mempercayai bahwa setiap guru itu tidak pernah bermaksud buruk kepada muridnya, sama halnya dengan orang tua. Karena seorang guru memiliki hati yang mulia, hal itu bisa di buktikan dengan pengorbanan yang mereka lakukan lakukan setiap saat, bahkan tanpa kita sadari.

5. Selalu mempersiapkan segala sesuatu sebelum belajar

Tips selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatu yang akan di perlukan saat belajar. Jika semua persiapan telah lengkap pasti akan mendorong keinginan untuk belajar, perlengkapan tidak lengkap menjadi pemicu seseorang bisa tidak menyukai suatu pelajaran dan juga menjadi alasan untuk tidak belajar. Bila segala perlengkapan telah lengkap maka hal itu akan membuat seseorang terdorong untuk menjawab segala macam soal yang diberikan oleh seorang guru. Guru pun akan menjadi lebih bersemangat untuk menerangkan pelajaran jika siswanya telah siap untuk belajar.

6. Katakan bahwa ‘saya akan menyenangi mata pelajaran ini’

Tak kenal maka tak cinta, pepatah lama yang bernilai ini mengajarkan kita untuk memngenali kemudian akan timbul rasa cinta, hal ini berlaku pula bagi mata pelajaran bahkan juga guru yang mengajarkannya. Apabila seseorang telah menyenangi pelajaran itu hal itu akan memudahkan untuk keluarnya suatu ide. Cara mengenalnya tentu saja terlabih dahulu mengetahui manfaatnya, tentu saja Albert Einstein mengetahui kegunaan matematika dasar untuk menemukan rumus E=MC², atau kita juga akan mengetahui kegunaan rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu, jika kita tidak mencoba memperkirakan berapa jarak antara kota Padang dan Bukittinggi? Nah, dengan demikian kita tetap berfikiran terpelajar dengan menghargai bahwa semua ilmu itu berguna.

7. Tingkatkan rasa keingintahuan

Jika ingin memahami sesuatu tentu saja rsa ingin tahu (curiosity) yang dimiliki harus ditingkatkan levelnya. Rasa penasaran dan mencoba mencari tantangan untuk mengetahuinya adalah hal yang sangat penting. Seperti menginginkan sesuatu dan segera ingin memilikinya.

8. Mengulang pelajaran

Dengan cara mengulang pelajaran kembali dirumah pasti pada saat guru menerangankan akan tersimpan dipikiran. Dan akan membuat lebih mudah pada saat di beri ulangan harian. Dan dengan cara itu semua pasti hasilnya akan lebih baik dan bisa menjadi kunci kesuksesan.

Temukan teman yang mengajakmu lebih mengenai mata pelajaran yang tidak disukai. Karena jika memaksakan diri menemukan solusi dengan keterbatsan kemampuan akan beresiko salah pemahaman atau semakin memunculkan rasa tidak suka. Maka temukan dan dekati mereka yang mahir dengan pelajaran tersebut, termasuk guru kamu.

Nah, cara-cara dapat diuji bagi pelajar yang sedang mengalami msa-masa sulit dengan mata pelajaran tertentu. Bagi seorang pelajar terus belajar dan mencoba sesuatu meskipun tidak disenangi asalkan bermanfaat, sama sekali tidak akan merugikan., bahkan erkadang pelajaran yang tidak disukai itu akan menjadi sesuatu yang penting suatu saat nanti.


>>JANGAN MALU UNTUK BERBAGI PADA SESAMA<< 
Read More >>

Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Makin Meningkat

    Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut selama satu bulan terakhir terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya sehingga warga yang berada di kaki gunung berapi tersebut diminta waspada. Peningkatan aktivitas gunung berapi yang berada di wilayah Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso itu ditandai dengan munculnya gempa tremor yang menyemburkan kepulan asap dan abu panas vulkanik sebanyak 25 kali.


Aktivitas vulkanik Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Senin, 29 Oktober 2012, semakin meningkat.
Kepala Subbidang Pengamatan Gunung Berapi Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, mengatakan sejak pukul 10.00 WIB lalu gempa tremor gunung tersebut meningkat dengan panjang lebih dari 32 milimeter. "Gempanya overscale," kata Hendra dihubungi wartawan, Senin, 29 Oktober 2012. Selain gempa meningkat, PVMBG juga mendapat laporan dari pengamat Gunung Ijen yang melihat Gunung Raung menyemburkan asap hitam dengan ketinggian sekitar 100 meter. Namun, Hendra mengimbau supaya masyarakat tidak panik dan tetap menunggu hasil pengamatan lanjutan dari PVMBG. "Tapi harus tetap waspada," katanya. Untuk memperkuat pendataan aktivitas vulkanik, PVMBG menambah dua alat, yakni seismograf broadband dan global positioning system. Dua alat itu dipasang di ketinggian 8 kilometer dari puncak gunung, masing-masing di sebelah barat dan tenggara. Seismograf broadband, kata Hendra, berfungsi untuk merekam kegempaan gunung yang bisa diakses secara online ke PVMBG di Bandung. "Sedangkan GPS untuk mengukur perubahan tekanan di dalam gunung," kata dia. Gunung setinggi 3.332 meter dari permukaan laut itu berstatus siaga pada Senin, 22 Oktober 2012 lalu. Sejak dinyatakan siaga, aktivitas gunung tersebut terus meningkat. Bahkan sejak Jumat lalu, 26 Oktober 2012, masyarakat sekitar gunung mendengar suara gemuruh. Di lain pihak, Pemerintah Banyuwangi ternyata belum siap untuk melakukan tanggap bencana erupsi Gunung Raung. Hingga kini Pemerintah Banyuwangi belum menyiapkan jalur evakuasi, transportasi pengangkutan warga, dan tempat pengungsian. Padahal, ada 16 desa yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yang masuk sebagai kawasan rawan bencana erupsi Gunung Raung. Enam belas desa tersebut memiliki jumlah penduduk lebih dari 65 ribu jiwa.
Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi, Achmad Wiyono, mengatakan belum kelarnya persiapan tanggap bencana karena BPBD belum definitif. "Sehingga kami tidak bisa mencairkan anggaran," kata dia.

TEMPO.CO, Banyuwang

>>jangan Pernah Malu untuk berbagi<<
Read More >>

tips kampus

          Jadwal kuliah dan beragam aktivitas di kampus bikin kita  jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuat kita jenuh. Jadwal kuliah dan beragam aktivitas di kampus bikin kita jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuat jenuh.


Sebenarnya ada cara supaya kamu bisa tetap konsentrasi belajar tanpa kehilangan mood, antara lain:
1.Lantunan Musik.
Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan.'
 2. Perpustakaan.
Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkan mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajar.

3. Belajar lebih awal dan teratur.
Belajar lebih awal maksudnya yaitu kita sudah mempelajari materi lebih dulu sebelum kuliah mulai. Keuntungannya, kita bisa menanyakan pada dosen, hal apa yang membuatmu bingung. Selain itu, kita bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam kuis atau ujian tengah semseter saja sih lewat.

4. Pilih teman belajar.
Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman loh. Untuk itu, kita harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajar. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi. Soalnya, kadang teman yang ber-IPK tinggi belum tentu enak diajak diskusi.

5. Bersenang-senang dalam belajar.
Anggap perkuliahan atau belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika dosen atau materi kuliah tidak menarik untuk kita. Untuk itu,  perlu memotivasai diri untuk tetap tertarik dengan apa yang kita jalani. Bersenang-senang saja dengan materi kuliah yang mungkin membuat bosan dengan cara membuat kuis dengan teman-teman seusai kelas, atau anggap dosen kita sedang melakukan dialog suatu pertunjukan dengan materi kuliah.
 6. Izin keluar kelas dan cuci muka (ketika dikelas)
Jam siang, ataupun perut lapar seringkali mempbuat konsentrasi kita semakin  hilang saja. tidak nyantol dengan materi lah, ngantuk lah, pengen pulang lah,, ya memang wajar semua terjadi di kalangan mahasiswa. untuk mengatasi hal ini, kita bisa izin keluar kelas, dan cuci muka. sejenak kita akan merasa segar dan pasti kantuk dan kejenuhan dikelas bisa hilang.

7. Shering dengan dosen
Adakalanya dosen memberikan materinya dengan metode ceramah, tanpa meilbatkan mahasiswanya untuk berdiskusi. Hal ini tentunya sanagt membosankan, apalagi untuk mahasiswa yang kurang aktif dikelas, bisa -bisa enggan masuk kelas pada jam dosen tersebut. Namun alangkah baiknya ketika pelajaran usai, kita mator atau ngomong kedosen ecra halus dan sopan mengenai metode belajarnya yang sejujurnya tidak menarik para mahasiswa. Dosen diberi tahu sehingga dosen tersebut merubah metode belajarnya,, ya kalopun kita tetep tidak konsennnnn perlu nih kita periksa otak,,beres g sih otak kita.hehehe
 yaaaa, sedikit tips untuk kita semua,,indahnya berbagi pada sesama...
Read More >>

Sabtu, 27 Oktober 2012

---28 oktober 2012---

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Muhammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario  tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. 

Kongres Pemuda Indonesia

Panitia Kongres

Dalam upaya mempersatu wadah organisasi pemuda dalam satu wadah telah dimulai sejak Kongres Pemuda Pertama 1926. Oleh sebab itu, tanggal 20 Februari 1927 telah diadakan pertemuan, namun pertemuan ini belum mencapai hasil yang final.
Kemudian pada 3 Mei 1928 diadakan pertemuan lagi, dan dilanjutkan pada 12 Agustus 1928. Pada pertemuan terakhir ini dihadiri semua organisasi pemuda dan diputuskan untuk mengadakan Kongres pada bulan Oktober 1928, dengan susunan panitia dengan setiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda (tidak ada organisasi yang rangkap jabatan) sebagai berikut:
  • Ketua: Sugondo Djojopuspito  (PPPI)
  • Wakil Ketua: R.M.Joko Marsai (Jong Java)
  • Sekretaris:Muhammad Yamin (Jong Soematranen Bond)
  • Bendahara: Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond)
  • Pembantu I: Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond)
  • Pembantu II: R. Katjasoengkana  (Pemoeda Indonesia)
  • Pembantu III: R.C.I. Sendoek (Jong Celebes)
  • Pembantu IV: Johannes Leimea  (Jong Ambon)
  • Pembantu V: Mohammad Rochjani Su'ud  (Pemoeda Kaoem Betawi)

Kongres Pemuda Indonesia Kedua

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia  (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholike Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng ). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Mohammad Yamin.  tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan
Rapat kedua, Minggu, 28Oktober 1928, di Gedung Oost Java Bioscop , membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan  dan Sarmidi Mangoensarkoro , berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu Indonesia Raya  karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair, atas saran Sugondo kepada Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia.




SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928

Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di
Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 1928.
Panitia Kongres Pemoeda terdiri dari :
Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)
Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris : Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV : Johanes Leimena (yong Ambon)
Pembantu V : Rochjani Soe'oed (Pemoeda Kaoem Betawi)
Peserta :
  1. Abdul Muthalib Sangadji
  2. Purnama Wulan
  3. Abdul Rachman
  4. Raden Soeharto
  5. Abu Hanifah
  6. Raden Soekamso
  7. Adnan Kapau Gani
  8. Ramelan
  9. Amir (Dienaren van Indie)
  10. Saerun (Keng Po)
  11. Anta Permana
  12. Sahardjo
  13. Anwari
  14. Sarbini
  15. Arnold Manonutu
  16. Sarmidi Mangunsarkoro
  17. Assaat
  18. Sartono
  19. Bahder Djohan
  20. S.M. Kartosoewirjo
  21. Dali
  22. Setiawan
  23. Darsa
  24. Sigit (Indonesische Studieclub)
  25. Dien Pantouw
  26. Siti Sundari
  27. Djuanda
  28. Sjahpuddin Latif
  29. Dr.Pijper
  30. Sjahrial (Adviseur voor inlandsch Zaken)
  31. Emma Puradiredja
  32. Soejono Djoenoed Poeponegoro
  33. Halim
  34. R.M. Djoko Marsaid
  35. Hamami
  36. Soekamto
  37. Jo Tumbuhan
  38. Soekmono
  39. Joesoepadi
  40. Soekowati (Volksraad)
  41. Jos Masdani
  42. Soemanang
  43. Kadir
  44. Soemarto
  45. Karto Menggolo
  46. Soenario (PAPI & INPO)
  47. Kasman Singodimedjo
  48. Soerjadi
  49. Koentjoro Poerbopranoto
  50. Soewadji Prawirohardjo
  51. Martakusuma
  52. Soewirjo
  53. Masmoen Rasid
  54. Soeworo
  55. Mohammad Ali Hanafiah
  56. Suhara
  57. Mohammad Nazif
  58. Sujono (Volksraad)
  59. Mohammad Roem
  60. Sulaeman
  61. Mohammad Tabrani
  62. Suwarni
  63. Mohammad Tamzil
  64. Tjahija
  65. Muhidin (Pasundan)
  66. Van der Plaas (Pemerintah Belanda)
  67. Mukarno
  68. Wilopo
  69. Muwardi
  70. Wage Rudolf Soepratman
  71. Nona Tumbel
Catatan :
Sebelum pembacaan teks Soempah Pemoeda diperdengarkan lagu"Indonesia Raya"
gubahan W.R. Soepratman dengan gesekan biolanya.
    http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5863567476795703879&pli=1#editor/target=post;postID=3224160545477902841
  1. Teks Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 bertempat
    di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat sekarang menjadi Museum Sumpah
    Pemuda, pada waktu itu adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie
    Kong Liong.
  2. 2. Golongan Timur Asing Tionghoa yang turut hadir sebagai peninjau
    Kongres Pemuda pada waktu pembacaan teks Sumpah Pemuda ada 4 (empat) orang
    yaitu :
    a. Kwee Thiam Hong
    b. Oey Kay Siang
    c. John Lauw Tjoan Hok
    d. Tjio Djien kwie.
Read More >>

Jumat, 26 Oktober 2012

** cinta **

Virus  hati  yang  bernama  cinta  ternyata  telah  banyak  memakan
korban.  Mungkin  anda  pernah  mendengar  seorang  remaja  yang    nekat
bunuh  diri  disebabkan  putus  cinta,  atau  tertolak  cintanya.  Atau  anda
pernah  mendengar  kisah  Qeis  yang  tergila-gila  kepada  Laila.  Kisah  cinta
yang  bermula  sejak  mereka  bersama  mengembala  domba  ketika  kecil
hingga  dewasa.  Akhirnya  sungguh  tragis,  Qeis  benar-benar  menjadi  gila
ketika  laila  dipersunting  oleh  pria  lain . ibn Qoyyim
dalam karya besarnya ”Zadul Ma’ad”..
Beliau  berkata:  ”Gejolak  cinta  adalah  jenis  penyakit  hati  yang 
memerlukan  penanganan khusus disebabkan perbedaannya dengan jenis
penyakit  lain  dari  segi  bentuk,  sebab  maupun  terapinya.  Jika  telah
menggerogoti  kesucian  hati  manusia  dan  mengakar  di dalam  hati,  sulit
bagi  para  dokter  mencarikan  obat  penawarnya  dan  penderitanya  sulit
disembuhkan.
Allah  mengkisahkan penyakit ini di dalam Alquran tentang dua tipe
manusia, pertama wanita dan kedua  kaum homoseks yang cinta  kepada
mardan  (anak  laki-laki  yang  rupawan).  Allah  mengkisahkan  bagaimana
penyakit  ini  telah  menyerang  istri  Al-Aziz—gubernur  Mesir—yang
mencintai  Nabi  Yusuf,  dan  menimpa    Kaum  Luth.  Allah  mengkisahkan
kedatangan para malaikat ke negeri Luth
Dan datanglah penduduk kota itu (ke rumah Luth) dengan gembira
(karena)  kedatangan  tamu-tamu  itu.  Luth  berkata:  "Sesungguhnya
mereka adalah tamuku; maka janganlah kamu memberi malu (kepadaku),
dan  bertakwalah  kepada  Allah  dan  janganlah  kamu  membuat  aku
terhina".Mereka  berkata:  "Dan  bukankah  kami  telah  melarangmu  dari
(melindungi)  manusia?"  Luth  berkata:  "Inilah puteri-puteri (negeri) ku
(kawinlah  dengan  mereka),  jika  kamu  hendak  berbuat  (secara  yang
halal)". (Allah berfirman): "Demi umurmu (Muhammad), sesungguhnya
mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan)". Surat al-Hijr:68/72
Read More >>

Teknik Persilangan


Persilangan adalah suatu teknik mengawinkan bunga dengan meletakkan pollen / serbuk sari pada stigma (lubang atau rongga yang dangkal berisi cairan kental agak lengket sebagai tempat meletakkan pollen dan masuknya tabung pollen ke dalam ovari (bakal buah) pada waktu polinasi/penyerbukan )......
Dikenal dua macam persilangan, yaitu perkawinan sendiri (selfing) dan perkawinan silang (crossing).
Perkawinan sendiri (selfing) adalah perkawinan dengan meletakkan pollen pada stigma yang berasal pada satu bunga, satu tanaman, tetapi masih dalam satu spesies. Ex : Dendrobium alba (selfing)
Perkawinan silang (crossing) adalah perkawinan dengan meletakkan pollen pada stigma yang berasal dari dua jenis bunga yang berbeda pada spesies yang sama. Ex : Dendrobium alba x Dendrobium albertisii
Hal – hal yang harus diperhatikan dalam persilangan :
Tujuan dilakukan persilangan
Untuk mendapatkan varietas baru
Untuk bunga potong berkualitas
Untuk pin bunga
Pemilihan waktu persilangan
Waktu persilangan yang baik adalah sekitar jam 6 – 9 pagi, karena pada saat itu kondisi lingkungan mendukung, kondisi putik dan serbuk sari masih baik. Jika persilangan dilakukan siang hari, putik mengering sehingga tidak akan terjadi pembuahan, kalaupun terjadi pembuahan kualitas buah tidak maksimal.Umur bunga satu atau dua hari setelah mekar hingga lima minggu setelah mekar.
Pemilihan tetua persilangan
Dipilih tetua yang sehat

- Tetua yang memiliki sifat dominant ( tekstur, bentuk, warna, jumlah, ukuran bunga).
b. Pengetahuan tentang morfologi dan organ reproduksi tanaman
c. Teknik persilangan
Anggrek
· Pilih induk jantan dan betina yang memiliki sifat dominan.
· Persilangan akan berhasil jika dilakukan sehari/dua hari setelah bunga mekar, atau minggu pertama sampai minggu kelima sejak bunga mekar.
· Buka anther cap (kelopak penutup pollen).
· Sediakan tusuk gigi untuk mengambil pollen.
· Masukkan pollen ke dalam stigma, yaitu rongga atau lubang dangkal berisi cairan kental agak lengket yang digunakan sebagai tempat meletakkan pollen dan masuknya tabung pollen ke dalam ovari pada waktu polinasi (penyerbukan).
· Beri label pada setiap bunga betina yang telah diserbuki.
· Amati, jika 3-4 hari setelah persilangan perianthium (hiasan bunga) layu maka persilangan berhasil. Tetapi jika bunga gugur persilangan gagal.
Aglonema
· Pilih bunga yang akan dijadikan sebagai induk betina yang seludangnya belum terbuka, karena putik pada aglonema matang 3 hari sebelum seludang bunga mekar.
· Pilih bunga yang akan dijadikan sebagai induk jantan yang seludang bunganya telah terbuka.
· Oleskan benang sari (induk jantan) ke putik menggunakan cotton bad atau secara manual dengan mematahkan spadik/tongkol bunga jantan lalu oles-oleskan ke putik.
· Sungkup bunga yang telah disilangkan untuk menghindari terjadinya penyerbukan oleh benang sari bunga lain.
 Adenium
· Bunga yang akan dijadikan tetua, dipilih bunga yang telah mekar dua sampai tiga hari.
· Sobek satu petal (mahkota bunga) sehingga terlihat kepala putik dibagian tengah.
· Ambil serbuk sari di bagian dalam pangkal filamen dengan kuas kecil atai tusuk gigi lalu oleskan ke kepala putik.
· Beri label, lakukan penyungkupan.
· Bunga yang berhasil disilangkan akan layu 2-3 hari kemudian.

Read More >>

definisi buah dan sayur

TUGAS MATA KULIAH
“FISIOLOGI dan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

1     Apa devinisi buah ?
2)      Apa devinisi sayur ?
3)      Sebutkan ayat al qur’an yang menerangkan manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia ?

«  Jawab
1)      –Buah adalah hasil proses penyerbukan bunga yang dapat dimakan dan pada umumnya berdaging atau memiliki tekstur yang renyah (definisi morfologis).
« Buah dalam kamus oxford, fruits (buah) didefinisikan sebagai  produk tanaman yang dapat dimakan yang terdiri atas biji dan jaringan yang melindunginya (berupa daging buah yang bersifat juicy dan pulpy).
«  Buah dalam ilmu biologi buah didefinisikan sebagai hasil penyerbukan antara serbuk sari dan kepala putik.  
« Sedangkan para konsumen atau masyarakat mendefinisikan buah sebagai produk tanaman yang memiliki aroma tertentu yang rasanya manis dan segar untuk dimakan serta kaya akan kandungan vitamin dan mineral.  Pada umumnya buah digunakan sebagai makanan penutup.
« Dewasa ini buah dan sayur diyakini merupakan sumber antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit degeneratif pada manusia.
« Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
« Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
« Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama


2        - Sayur dalam kuliner Nusantara mengacu pada sup dengan kuah cair hingga agak kental yang dimakan untuk menemani nasi. Istilah ini dapat pula diberikan kepada tumbuhan atau bagian tumbuhan yang digunakan sebagai komponennya (istilah yang lebih tepat adalah sayuran).
« Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus atau diuapkan, digoreng (agak jarang), atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.
« Sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak. Terdapat pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga (misalnya kecombrang dan turi), buah (misalnya terong dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran.

3.-Keajaiban lebah terdapat dalam surat ah-nahl :69,yang artinya “dari perut lebah itu keluarminiman(madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuahkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.
- Manfaat air hujan terdapat dalam surat an nahl :10-11, yang artinya
«  Dialah yang telah  menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagian menjadi air minum dan sebagiannya  untuk menyuburkan tumbuh-tumbuhan, yang pada tempat tumnbuhnya kamu menggembalakan hewan.
«  Dialah yang menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman :zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda kekuasaan ALLAH bagi kamu yang berfikir.

-          Surat al-An’aam: 95-99
“Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling. Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu ” menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui. Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui. Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kej<uasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (al-An’aam: 95-99)

·         Surat al baqoroh :22 yang artinya berbunyi  “ dialah yang menjadikan bumi sebagai hambparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia yang menurunkan air’ hujan’ dari langit lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu,karena itu janganlah kamu mengada-adakan sekutu bagi ALLAH, padahal kamu megetahui.

·         Al Hijr, ayat 22 “Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan "hujan" dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu,dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

·         Al Kahfi, ayat 45  “Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air "hujan" yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang di terbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

·         Thaahaa, ayat 53 : Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air "hujan". Maka Kami tumbuhkan dengan air "hujan" itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.

(sebagian firman ALLAH ini di kutip dari” http://laely-widjajati.blogspot.com/2009/11/ayat-al-quran-tentang-hujan.html)

·         QS. An-Nahl 16:11 “Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, korma, anggur dan buah-buahan lain selengkapnya, sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan”.


Read More >>

Template by : kendhin x-template.blogspot.com