Selasa, 05 Maret 2013

----KESUBURAN TANAH---

print this page cetak 


MATERI KULIAH PERTAMA
oleh ibu Drs. Ir Nurhidayati. MP
 Fakultas Pertanian
Universitas Islam Malang
penulis: Siti Ana Maidatul Jannah 



----KESUBURAN TANAH---

Tujuan Utama: Kita boleh menggunakan atau memanfaatkan tanah secara baik, akan tetapi kita tidak boleh melupakan produktifitas dari tanah itu sendiri..
Tujuan pembelajaran
  1. Menggambarkan pengaruh sifat fisik, kimia, dan biologi serta interaksinya terhadap ketersediaan hara bagi tanaman dan kesehatan tanah
  2. Mengidentifikasi masalah kesuburan tanah dan hara tanaman dan merekomendasikan tindakan perbaikan yang tepat.
  3. Mengidentifikasi praktek pengelolaan tanah dan hara yang memaksimumkan produktifitas dan profitabilitas yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kapasitas produktif tanah dan kualitas lingkungan. 
Konsep kesuburan tanah
Fungsi tanah yang paling UMUM dan UTAMA adalah
  1. Sebagai media tumbuh tanaman
  2. Pengatur Iklim dan Penyedia Air 
  3. Pendaur ulang bahan mentah
    artinya, tanah mampu mendaur semua bahan yang masuk kedalam badan tanah. tanaman setelah di panen pastinya yang di ambil hanya hasil komoditas dari tanaman itu, Semua brangkasan yang di ambil hanyalah sedikit sekali. Untuk itu , sisa hasil tanaman tersebut dikembalikan kedalam tanah dan didaur ulang kembali. Hal ini bisa bermanfaat bagi tanah atas bantuan mikroorganisme yang ada dalam tanah.
  4. Sebagai habitat organisme tanah
    (kalau tanah yang subur, pastinya terdapat mikroorganismenya didalam tanah.)
  5. Sebagai sumber unsur hara 
  6. Penyimpan air dan unsur hara 
  7. Penjaga lingkungan yang bersih
    (artinya tanah mampu menetralkan limbah yang masuk ke dalam badan tanah. caranya dengan menggunakan tanaman. kalau tanaman itu tumbuh, berarti tanah tersebut baik untuk tanaman.
  8. Media keteknikan.
    ( tanah selain sebagai media untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman, tanah juga berfungsi sebagai media keteknikan. Berbagai bangunan berdiri tegak di atas tanah. Dan juga dengan tanah dan campuran bahan lain mampu dijadikan sebagai bahan bangunan)
    jika salah satu dari fungsi tanah tersebut tidak jalan, artinya tanah mempunyai kualitas tanah yang kurang  baik.
Kesuburan tanah tidak terlepas dari keseimbangan biologi, fisika dan kimia; ketiga unsur tersebut saling berkaitan dan sangat menentukan tingkat kesuburan lahan pertanian. Tanpa disadari selama ini sebagian besar pelaku tani di Indonesia hanya mementingkan kesuburan yang bersifat kimia saja, yaitu dengan memberikan pupuk anorganik seperti : urea, TSP/SP36, KCL dan NPK secara terus menerus dengan dosis yang berlebihan. Pemupukan akan efektif jika pupuk yang ditebarkan dapat menambah atau melengkapi unsur hara yang telah tersedia di dalam tanah. Karena hanya bersifat menambah atau melengkapi unsur hara, maka sebelum digunakan harus diketahui gambaran keadaan tanahnya, khususnya kemampuan awal untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Dalam mendukung kehidupan tanaman, tanah memiliki empat fungsi utama yaitu : 1. Memberi unsur hara dan sebagai media perakaran 2. Menyediakan air dan sebagai tempat penampung (reservoir) air 3. Menyediakan udara untuk respirasi (pernafasan) akar 4. Sebagai media tumbuhan tanaman Tanah tersusun dari empat komponen dasar, yakni bahan mineral yang berasal dari pelapukan batu-batuan, bahan organik yang berasal dari pembusukan sisa makhluk hidup, air dan udara

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA DOWNLOAD MATERI PPT DI BAWAH INI YA
      

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com