Tugas
matakuliah kewirausahaan
rancangan
bisnis mandiri
TOKO
dan KONSULTAN PERTANIAN
“BINTANG
AGRICULTUR”
Disusun untuk memenuhi tugas
matakuliah
KEWIRAUSAHAAN
yang dibina oleh Ibu Ir. Maria
Ulfah MP.
oleh
Siti Ana Maidatul Jannah
2100310008
JURUSAN
BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTS
PERTANIAN
UNIVERSITS
ISLAM MALANG
JUNI
2012
TUGAS RANCANGAN BISNIS MANDIRI
Ringkasan Eksekutif
« Konsep bisnis
Sebagai
sarjana muda pertanian yang mempunyai beberapa keahlian dibidang budidaya
pertanian, saya ingin sekali menciptakan lapangan pekerjaan. Ya,, lapangan
pekerjaan. Bukan mencari lapangan pekerjaan. Berangkat dari sinilah, saya
mendapat ide untuk mendirikan toko yang berkaitan dengan hal dan bersinggungan
langsung dengan pertanian, semisal pestida, mulsa, alat-alat pertania dan juga
material bangunan, karena yang berkaitan dengan pertanian biasanya didampingi
juga material bangunan. Dengan meniru dari toko yang sudah ada, namun memberikan
sesuatu yang berbeda dan lebih menarik di toko saya, yaitu toko pertanian sekaligus
menjadi konsultan pertanian.
Lokasi
dari pembangunan toko dan konsultan pertanian, berada di sekitar pemukiman
masyarakat yang bersebelahan langsung dengan area persawahan. Dengan kondisi
jalan dan lingkungan yang strategis. Yaitu di daerah tempat tinggal saya langsung
sehingga memudahkan untuk pemantauan, dan sedikit irit di ongkos. Area
persawahan dan pemukiman masyarakat yang menjadi obyek saya sudah tersedia
disekitar tempat toko saya. Para petani bisa kapan saja konsultasi menganai
masalah yang terjadi dengan tanaman
budidayanya, petani atau masyarakat bisa belanja kapan saja untuk
keperluan sawah atau pun sekedar tukar
informasi denga petani. Dengan sedikit memberikan barang untuk konsumen
barupa barang – barang pendamping keprluan pertanian seperti ember, tali rafia
dan lain-lain yang mana barang termasuk dalam barang- barang bangunan.
« Misi
Kami bergerak dalam
bisnis pertanian, serta jasa konsultan yang bermutu dengan harga kompetitif dan
informatif dengan tetap memperhatikan kualitas, guna kelangsungan proses jual
beli.
« Produk/jasa
Produk
yang tersedia adalah semua yang berkaitan langsung dengan pertanian, seperti
obat-obatan, pupuk, pestisida, alat-alat pertanian, mulsa, benih dan bibit berbagai
tanaman budidaya, sekaligus sebagai konsultan pertanian. Dan juga penyedia
berbagai keperluan bangunan, seperti ember, tali tampar/rafia, paku dll. Karena
peralatan bengunan sebagai pendamping bahan pertanian sehingga yang tersedia
pun tidak sebanyak untuk bidang pertanian.
« Persaingan
Bisnis
yang saya dirikan berada di sekitar pemukiman mayarakat langsung dengan area
persawahan yang bersebelah dengan pemukiman masyarakat. Ada juga toko yang sama
berdiri disekitar tempat saya, namun dengan jarak yang hampir 8 km, apalagi
dengan tambahan sebagai konsultan
pertanian menjadikan bisnis yang saya jalankan menjadi semakin dilirik para
konsumen.
« Target
dan ukuran pasar
Target
pasar yang ingin dicapai adalah
menjadikan bisnis ini berkembang dengan pesat dan mampu memenuhi permintaan konsumen. Serta tetap
menjaga kepercayaan para konsumen yang datang sehingga para konsumen merasa
dihargai.
« Strategi
pemasaran
Pemasaran untuk menyebarkan informasi kepada
masyarakat luas melalui brosur yang disebarkan kepada masyarakat luas. Masyarakat
sekitar yang belanja dan konsultasi di toko kami dengan mendapatkan pelayanan
yang baik, maksimal dan tentunya sebuah informasi yang bermanfaat membuat mereka
datang lagi dan tentunya hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk
bisnis yang saya bangun.
« Struktur
organisasi.
Dalam sebuah organisasi
agar semua kegiatan berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan, perlu
adanya suatu struktur organisasi dan pembagian kerja (job description) yang jelas. Struktur organisasi yang baik
harus menggambarkan dengan jelas wewenang dan tanggung jawab serta
fungsi-fungsi dari setiap bagian yang ada dalam perusahaan, yang mana dalam hal
ini merupakan salah satu syarat terciptanya suatu pengendalian internal yang
memadai.
Job description dari “ Toko
dan Konsultan Pertanian “
a) Posisi
kunci di pegang sendiri oleh pemilik toko : Ibu Ir.H. Siti Ana Maidatul Jannah,
SP. MP
b) Karyawan,
terbagi dalam:
a. karyawan
pelayan toko : Heru hariadi.
b. Administrasi : Budi prasetya
c. Karyawan
bagian gudang : Adi susilo.
Diskripsi Tugas
Untuk
melengkapi struktur organisasi suatu perusahaan, diperlukan uraian tugas yang
akan menjelaskan tentang wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing fungsi
dalam perusahaan kami. Uraian tugas pada
Toko Pertanian dan Material Bangunan
serta Konsultan Pertanian” adalah sebagai berikut :
1) Pemilik
toko atau atasan uraian tugasnya adalah sebagai berikut :
a) Memimpin
kegiatan usaha secara keseluruhan.
b) Konsultan
pertanian di toko sendiri.
c) Memanage
seluruh karyawan.
d) Menerima
laporan penjualan dan pembelian.
e) Mengantur
keuangan toko.
f) Pengatur
gaji karyawan.
2.) karyawan, terbagi atas pelayan toko tugasnya
adalah sbb:
1) Melayani
pelanggan.
2) Mengelola
transaksi penjualan dan pembelian.
3) melayani
kebutuhan pelanggan dan merapihkan barang
3. Admistrasi
tugasnya sbb:
a. Membantu
atasan dalam membuat laporan keuangan.
b. Melaksanakan
tugas dari atasan sesuai bagian atau perintah dari pemilik toko / atasan.
4. Karyawan
bagian gudang, tugasnya sbb:
a. Melaksanakan
tugas dari atasan sesuai bagian atau
perintah dari pemilik toko / atasan.
b. Memeriksa
ketersediaan barang dalam gudang.
c. Memesan
kepada penyuplai barang apabila terjadi keadaan minim barang, sehingga
ketersediaan barang akan tetap terjaga.
« Proyeksi
keuangan
1.
Jumlah modal yang diperlukan : kurang lebih Rp. 80.000.000
2.Perincian
biaya:
·
Belanja untuk persediaan barang bidang
pertanian termasuk berbagai obat-obatan, pupuk kimia, pupuk organic, mulsa,
benih tanaman holtikultura, palawija, dan biji-bijian selama satu bulan: Rp. 40.000.000
·
Belanja untuk persediaan Bahan material
banguan termasuk timba, tali rafia
selama 1 bulan pertama = Rp. 11.000.000
·
Gaji karyawan pelayan toko
3 x Rp. 750.000 =
Rp. 2.250.000
Gaji karyawan bagian
administrasi
1 x Rp. 800.000 =
Rp. 800.000
Gaji karyawan bagian
gudang
3 x Rp. 7500.000 =
Rp. 2.250.000
·
Transportasi =
Rp. 50.000
·
Listrik = Rp. 100.000
·
Total biaya =
Rp56.450.000
·
Perkiraan penghasilan perbulan:
§ Pupuk
kimia 40 x Rp 35000/bungkus Rp. 1400.000
§ Pupuk
organic 70 x Rp. 4000/kg Rp. 280.000
§ Mulsa
25 x Rp. 125.000/gulung Rp. 3.125.000
§ Bibit
padi 80 x Rp. 30.000/bungkus Rp. 2400.000
§ Berbagai
macam pestisida 80xRp.27000 Rp.
2160.000
§ Tangki
semprot 3 x 150.000 Rp. 450.000
§ Slang
55 x Rp.15000/m Rp. 825.000
§ Timba
5 x Rp. 7500 Rp.
375.000
§ Paku
10 x Rp. 20.000/kg Rp.200.000+
§ Total Rp.
11.215.000
v Jadi omset perbulan: Rp. 11.215.000
x 30 = Rp. 336.450.000
v Laba perbulan :Rp. 336.450.000 – Rp.
56.450.000
Rp.
280.000.000
§ Return of Investment (modal awal : laba per
bulan)= 73 bulan < 6 tahun
Dengan demikian kita dapat mengetahui
berapa lama keuntungan kita per bulan dan kembalinya modal kita.
Toko dan konsultan
pertanian yang saya dirikan ini
mempunyai tujuan yang positif yaitu membantu masyarakat untuk
mendapatkan bahan, alat dan semua keperluan pertanian secara mudah dan murah untuk menciptakan
pembangunan pertanian yang lebih maju.
Usaha ini mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.
PENUTUP
« Kesimpulan
Dari pembahasan diatas
dapat diambil kesimpulan bahwa membuat atau mendirikan usaha toko dan konsultan pertanian tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Perlu adanya semangat, keyakinan dan kekuatan mental yang kuat dari seorang
wirausaha “Toko dan Konsultan Pertanian“.
Kejujuran seorang
wirausaha dan Keahlian khusus manajemen serta bagaimana dapat
mengolah data dengan mudah,
cepat, dan akurat
dan membuat suatu
sistem informasi secara komputerisasi untuk
menampilkan informasi yang
berkualitas guna keperluan dan kelancaran administrasi usaha toko
material bangunan. Kepuasan pelanggan serta ketelitian kita menjadi seorang
konsultan harus di imbangi dengan bekal ilmu di bidang pertania yang memang
harus kuat dan mumpuni, sehingga ketika ada konsumen atau pelanggan ang datang
untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang muncul dalam tanamannya kita bisa
memberi solisi yang tepat dan benar. Kepercayaan pelanggan snagt penting guna
menempatkan nama toko kita dalam hati masyarakat dan konsumen tidaklah mudah.
« Saran
Kesempurnaan dari
suatu sistem selalu
bersifat relative berdasarkan pada
cara pandang dan konsep
dari setiap pemikiran
yang berbeda serta
memiliki alur yang
bervariasi. Karena sistem
ini dibangun berdasarkan
alur pemikiran penulis,
maka untuk hasil yang
lebih baik dan
maksimal diperlukan saran
dari pihak manapun
untuk melengkapi kekurangan yang ada.
Beberapa saran dari
penulis untuk perusahaan:
1. Penulis menyarankan
agar administrator ataupun
pihak manajemen membuat back
up secara soft
copy dan hard
copy (laporan) yang diperlukan sesering mungkin sesuai
dengan kebutuhan.
2. Penulis
menyarankan agar administrator ataupun pihak manajemen lebih teliti dalam
penginputan data dikarenakan oleh kelemahan
sistem yang belum mampu menangani
proses filterisasi secara maksimal.
3. Menjadi
konsultan pertanian memang menyenangkan. Kita bisa belajar berkomunikasi dengan
tanaman. Akan tetapi ketelitian dan kejelian yang sangat ekstra kita
pertaruhakan disini. Belajar perilaku makhluk yang tidak bisa berbicara.
0 komentar:
Posting Komentar