Jumat, 26 Oktober 2012

definisi buah dan sayur

print this page cetak 

TUGAS MATA KULIAH
“FISIOLOGI dan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

1     Apa devinisi buah ?
2)      Apa devinisi sayur ?
3)      Sebutkan ayat al qur’an yang menerangkan manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia ?

«  Jawab
1)      –Buah adalah hasil proses penyerbukan bunga yang dapat dimakan dan pada umumnya berdaging atau memiliki tekstur yang renyah (definisi morfologis).
« Buah dalam kamus oxford, fruits (buah) didefinisikan sebagai  produk tanaman yang dapat dimakan yang terdiri atas biji dan jaringan yang melindunginya (berupa daging buah yang bersifat juicy dan pulpy).
«  Buah dalam ilmu biologi buah didefinisikan sebagai hasil penyerbukan antara serbuk sari dan kepala putik.  
« Sedangkan para konsumen atau masyarakat mendefinisikan buah sebagai produk tanaman yang memiliki aroma tertentu yang rasanya manis dan segar untuk dimakan serta kaya akan kandungan vitamin dan mineral.  Pada umumnya buah digunakan sebagai makanan penutup.
« Dewasa ini buah dan sayur diyakini merupakan sumber antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit degeneratif pada manusia.
« Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
« Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
« Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama


2        - Sayur dalam kuliner Nusantara mengacu pada sup dengan kuah cair hingga agak kental yang dimakan untuk menemani nasi. Istilah ini dapat pula diberikan kepada tumbuhan atau bagian tumbuhan yang digunakan sebagai komponennya (istilah yang lebih tepat adalah sayuran).
« Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus atau diuapkan, digoreng (agak jarang), atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.
« Sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak. Terdapat pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga (misalnya kecombrang dan turi), buah (misalnya terong dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran.

3.-Keajaiban lebah terdapat dalam surat ah-nahl :69,yang artinya “dari perut lebah itu keluarminiman(madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuahkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.
- Manfaat air hujan terdapat dalam surat an nahl :10-11, yang artinya
«  Dialah yang telah  menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagian menjadi air minum dan sebagiannya  untuk menyuburkan tumbuh-tumbuhan, yang pada tempat tumnbuhnya kamu menggembalakan hewan.
«  Dialah yang menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman :zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda kekuasaan ALLAH bagi kamu yang berfikir.

-          Surat al-An’aam: 95-99
“Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling. Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu ” menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui. Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui. Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kej<uasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (al-An’aam: 95-99)

·         Surat al baqoroh :22 yang artinya berbunyi  “ dialah yang menjadikan bumi sebagai hambparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia yang menurunkan air’ hujan’ dari langit lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu,karena itu janganlah kamu mengada-adakan sekutu bagi ALLAH, padahal kamu megetahui.

·         Al Hijr, ayat 22 “Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan "hujan" dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu,dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

·         Al Kahfi, ayat 45  “Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air "hujan" yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang di terbangkan oleh angin. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

·         Thaahaa, ayat 53 : Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air "hujan". Maka Kami tumbuhkan dengan air "hujan" itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.

(sebagian firman ALLAH ini di kutip dari” http://laely-widjajati.blogspot.com/2009/11/ayat-al-quran-tentang-hujan.html)

·         QS. An-Nahl 16:11 “Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, korma, anggur dan buah-buahan lain selengkapnya, sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan”.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com