Senin, 15 Oktober 2012

--introduksi tanaman--

print this page cetak 


NAMA            : Siti Ana Maidatul Jannah
NIM                : 210031008
MATERI         : INTRODUKSI TANAMAN

INTRODUKSI TANAMAN
Introduksi spesies adalah usaha sadar atau tidak sadar memasukkan suatu jenis hewan atau tumbuhan ke dalam satu habitat yang baru. Masuknya jenis tersebut melalui alat transportasi antar pulau, akibat adanya hobi/kegemaran beberapa orang membawa jenis-jenis baru, ataupun sengaja dibiakkan karena alasan praktis seperti penanganan hama penyakit.
Introduksi Tanaman merupakan suatu proses memperkenalkan tanaman dari tempat asal tumbuhnya ke suatu daerah baru. Introduksi tanaman dimaksudkan mendatangkan/memasukkan varietas-varietas tanaman dari luar negeri ke suatu negeri. Introduksi tanaman selain menambah keragaman tanaman mempunyai manfaat lain:
·         memajukan bidang industri,dengan mendatangkan tanaman-tanaman industri seperti tanaman kehutanan, tanaman obat-obatan dan tanaman industri lainnya,
·         Memenuhi kebutuhan aestetik dengan mendatangkan tanaman-tanaman ornamental untuk melengkapi koleksi kebun-kebun, taman-taman, gedung-gedung sehingga menciptakan keindahan tersendiri.
·         Untuk mempelajari asal, distribusi, klasifikasi dan evolusi dari tanaman dengan jalan memelihara tanaman yang diintroduksi di tempat tertentu kemudian dipelejari data-datanya secara mendetail.
·         Untuk peningkatan mutu tanaman.

¯  Sejarah migrasi tanaman
Introduksi tanaman berjalan terus dan terus berkembang, ketika Columbus mengadakan perjalanan keliling dunia pada tahun 1493, dia membawa kembali biji-biji kenegrinya untuk ditanam. Hal ini semacam juga dilakukan oleh para penjelajah berikutnya sehingga introduksi tanaman tidak hanya terjadi dari satu wilayah ke wilayah didekatnya, tetapi dari benua satu ke benua yang lainnya. Tanaman introduksi yang dapat tumbuh baik di daerah baru mempunyai arti penting  bagi pemuliaan tanaman. Sebab daerah baru tersebut mempunyai kondisi tanha dan iklim yang sama dengan daerah asalnya atau tanaman tersebut mempunyai daya adaptasi yang baik dengan lingkungannya yang baru.
Dalam perkembangan selanjutnya , di USA sejak tahun 1839 melalui Congress masalah introduksi tanaman sudah di berlakukan dengan undang-undang. Dengan adanya introduksi tanaman, perkembangan pertania di USA mengalami kemajuan yang pesat. Ontoh areal tanaman kedelai yang diintroduksi dari China pada tahun 1907 diperkirakan hanya 50.000 acre, tetapi pada tahun 1932 sudah menjadi 4juta acre, bahkan pada tahun 1965 mencapai 3,4 juta acre.
Di Indonesia, bebrapa tanaman yang diintroduksi dan yang sekarang menjadi komoditas penting adalah tanaman kopi. Kopi Arabica di introduksi di jawa pada tahun 1966 dan kopi robusta pada tahun 1900. Tanaman the tipe China pada tahun 1862 sudah terdapat dikebun raya Bogor, sedagkan tipe Assam masuk ke Jawa tahun 1977. Tanaman kakao masuk ke Indonesia kira-kira pada tahun 1918 an merupakan tipe kakao mulia (fine favlour cocoa). Kakao tipe lindak( bulk) baru masuk sekitar tahun 1976 melalui Sumatra utara. Saat ini perkembangan tanaman kakao lindak di Indonesia mengalami kemajuan yangsangat pesat.
Ø  Tanaman introduksi dapat dikelompokkan menjadi 3 yakni:
1.      Introduksi tanaman yang merupakan tanaman baru disuatu wilayah.
2.      Introduksi tanaman yang merupakan suatu varietas baru.
3.      Introduksi tanaman karena tanaman atau varietas ini mempunyai keunggulan teetentu.

Tanaman kopi, the, dan kakao merupakan contoh tanaman introduksi kelompok pertama karena sebelum di Indonesia tanaman tersebut belum ada. Masuknya varietas unggul padi IR-5 dan IR-8 merupakan contoh tanaman introduksi kelompok kedua. Varietas unggul padi di Indonesia pada waktu itu produksi jauh lebih rendah dibandingkan dengan varietas tersebut. Tanaman introduksi kelompok ketiga adalah tanaman kopi Arabica  yang pada waktu iktu melambung dan meninggalkan citra kopi Indonesia diluar negri yang dikenal dengan nama “Java coffe”. Tetapi pada tahun 1900 areal pertanaman kopi Arabica kita diserang hebat oleh penyakit karat daun yang disebabkan oleh cendawa Hemievia vastrati. Untuk mengatasi cendawan tersebut didatangkan kopi jenis robusta yang mempunyai ketahanan lebih baik.
Introduksi tanaman disuatu wilayah dapat digunakan sebagai usaha diversifikasi pertanian atau sebagai tanaman pengganti dari tanaman  yang sudah ada, yang dipandang kurang menguntungkan. Perkembangan dan peningkatan introduksi tanaman dari wilayah yang satu kewilayah yang lain atau dari Negara satu kenegara yang lain mendorong dibentuknya  suatu badan atau lembaga yang mengonservasi berbagai  macam tanaman yang sering disebut “ gene reservoirs/ germ plasm bank” . keberadaan lembaga ini dirasakn makin penting karena terdesaknya berbagai macam tanaman dari daerah asalnya atau tempat tumbuhnya akibat bentura-benturan dengan kepentingan yang lain.
 contoh tanaman introduksi: bunga garbera  yang merupakan bunga hias berupa herba tidak berbatang. tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang diduga berasal dari Afrika selatan, utara,dan rusia. penemunya Traug Gerber.


1 komentar:

Angella Methamy Ginting mengatakan...

Terima kasih infonya, sangat membantu

Template by : kendhin x-template.blogspot.com