Senin, 29 Oktober 2012

tips kampus

print this page cetak 

          Jadwal kuliah dan beragam aktivitas di kampus bikin kita  jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuat kita jenuh. Jadwal kuliah dan beragam aktivitas di kampus bikin kita jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuat jenuh.


Sebenarnya ada cara supaya kamu bisa tetap konsentrasi belajar tanpa kehilangan mood, antara lain:
1.Lantunan Musik.
Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan.'
 2. Perpustakaan.
Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkan mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajar.

3. Belajar lebih awal dan teratur.
Belajar lebih awal maksudnya yaitu kita sudah mempelajari materi lebih dulu sebelum kuliah mulai. Keuntungannya, kita bisa menanyakan pada dosen, hal apa yang membuatmu bingung. Selain itu, kita bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam kuis atau ujian tengah semseter saja sih lewat.

4. Pilih teman belajar.
Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman loh. Untuk itu, kita harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajar. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi. Soalnya, kadang teman yang ber-IPK tinggi belum tentu enak diajak diskusi.

5. Bersenang-senang dalam belajar.
Anggap perkuliahan atau belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika dosen atau materi kuliah tidak menarik untuk kita. Untuk itu,  perlu memotivasai diri untuk tetap tertarik dengan apa yang kita jalani. Bersenang-senang saja dengan materi kuliah yang mungkin membuat bosan dengan cara membuat kuis dengan teman-teman seusai kelas, atau anggap dosen kita sedang melakukan dialog suatu pertunjukan dengan materi kuliah.
 6. Izin keluar kelas dan cuci muka (ketika dikelas)
Jam siang, ataupun perut lapar seringkali mempbuat konsentrasi kita semakin  hilang saja. tidak nyantol dengan materi lah, ngantuk lah, pengen pulang lah,, ya memang wajar semua terjadi di kalangan mahasiswa. untuk mengatasi hal ini, kita bisa izin keluar kelas, dan cuci muka. sejenak kita akan merasa segar dan pasti kantuk dan kejenuhan dikelas bisa hilang.

7. Shering dengan dosen
Adakalanya dosen memberikan materinya dengan metode ceramah, tanpa meilbatkan mahasiswanya untuk berdiskusi. Hal ini tentunya sanagt membosankan, apalagi untuk mahasiswa yang kurang aktif dikelas, bisa -bisa enggan masuk kelas pada jam dosen tersebut. Namun alangkah baiknya ketika pelajaran usai, kita mator atau ngomong kedosen ecra halus dan sopan mengenai metode belajarnya yang sejujurnya tidak menarik para mahasiswa. Dosen diberi tahu sehingga dosen tersebut merubah metode belajarnya,, ya kalopun kita tetep tidak konsennnnn perlu nih kita periksa otak,,beres g sih otak kita.hehehe
 yaaaa, sedikit tips untuk kita semua,,indahnya berbagi pada sesama...

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com